Senin, 29 Maret 2010

Coban Rais

Coban Rais merupakan salah satu obyek wisata alam air terjun di kota wisata Batu. Letaknya berada di dusun Dresel, desa Oro-Oro Ombo, kota Batu. Desa Oro-Oro Ombo sendiri merupakan salah satu desa yang ditetapkan sebagai desa wisata oleh Pemprov Jawa Timur karena di desa ini, disamping merupakan desa agrobis juga banyak terdapat tempat-tempat wisata menarik lainnya seperti Batu Night Spectacular dan Museum Satwa. Untuk mencapai air terjun Coban Rais, pengunjung harus melalui jalan setapak yang relatif landai, jalan hutan, dan menyusuri sungai yang memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Dan selama perjalanan, anda dapat menikmati suguhan pemandangan Kota Batu yang memikat mata. Di tengah perjalan anda akan menemukan persimpangan, pilih sebelah kanan dan teruslah berjalan melewati jalur itu, anda akan sampai di tempat tujuan tidak lama kemudian . Tempat ini juga cocok untuk tempat perkemahan didukung dengan suasana alam hutan tropis yang lebat, sungai kecil yang jernih dan suara gemiricik air terjun dengan ketinggian 20 m, semakin membuat anda merasa menyatu dengan alam. Pagi hari merupakan waktu terbaik jika ingin mengunjungi tempat wisata ini. Dan sangat tidak disarankan untuk mengunjungi tempat ini saat musim hujan.

Tarif untuk masuk ke tempat wisata ini cukup murah, pada tahun 2005 sumbangan untuk desa sebesar Rp 250 dan tiket masuk sebesar Rp 3.100 dan parkir sepeda motor sebesar Rp 500. Tempat parkirnya cukup luas, tanah lapang bergelombang dengan alas rumput yang menghijau. Disekelilingnya banyak terdapat pedagang kaki lima berjualan, ada bakso Malang, pangsit mie, es rujak manis dan bahkan rujak cingur khas Jawa Timur. Dari tempat parkir inilah, anda akan menyusuri jalan setapak berbatu untuk menuju air terjun.

Di Coban Rais, seperti juga coban-coban lainnya, anda bisa menikmati sensasi semburan air yang menyegarkan dari jarak kejauhan. Memang untuk menikmati sensasi semburan air terjun Coban Rais, anda harus bersabar menunggu beberapa saat hingga ada hembusan angin. Angin itu akan membawa butiran-butiran air terjun ke sekeliling lokasi air terjun yang berdiameter kurang lebih 15 meter. Jika anda amati dengan seksama pemandangan di sekitar lokasi air terjun ini akan bertambah elok karena selain bisa menikmati gemuruh deburan air terjun, anda juga bisa menyaksikan kemunculan sang selendang bidadari, pelangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar