Senin, 29 Maret 2010

Jawa Timur Park

Taman belajar dan Rekreasi Jawa Timur Park merupakan objek wisata yang memadukan secara serasi konsep pendidikan dan konsep pariwisata dalam satu ruang dan satu waktu, sehingga mampu menjadi sarana penyebaran informasi tentang khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi, stadium Galeri Belajar yang mampu menampung 300 siswa, lembar Panduan Belajar Siswa dan kelengkapan alat peraga ilmu terapan indoor & outdoor yang diantaranya didukung oleh PLN, Telkom, Rimba Raya dan sejumlah Universitas Terkemuka di Jawa Timur. Taman rekreasi ini juga dikenal dengan nama Jawa Timur Park I memiliki daya tarik berupa obyek wisata yang berkonsep hiburan, pendidikan, kuliner, dan atraksi. Terletak di lereng timur gunung Panderman, dalam area ± 11 hektar dan ketinggian 850 m diatas permukaan laut, serta didukung hadirnya 3 wahana baru setiap tahunnya yang lebih menghibur dan mengasyikan, pengunjung dapat merasakan kesejukan, kenyamanan dan keindahan panorama pegunungan yang menjadi background Jawa Timur Park dan kota Batu. Dengan suguhan One Stop Service Jawa Timur Park menyambut kedatangan anda mulai 08.30 – 16.00 WIB setiap harinya.
Wahana wisata pendidikan di JawaTimur Park disebut sebagai Jawa Timur Park Science Center diresmikan oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi -pada waktu itu-, Ir. H. M. Hatta Rajasa, pada 2 Maret 2002 sebagai salah satu Pusat Peragaan Iptek (Puspa Iptek) di Indonesia. Jawa Timur Park Science Center merupakan suatu kawasan belajar yang terdiri dari 12 stand dengan luas sekitar 1000m2. Berisi alat-alat peraga IPTEK dan karya-karya teknologi inovatif. Di tempat ini siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum dapat menyaksikan dan mencoba peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga diharapkan dapat memperluas wawasan, memperkaya pemahaman, mengapresiasi temuan-temuan teknologi, dan akhirnya diharapkan dapat mempercepat proses pemberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang kelak menjadi unsur penguat dalam kompetitif antar bangsa. Alat peraga yang terdapat di Jatim Park Science Center ini ada beberapa macam, diantaranya adalah : Lorong 1000 Bayangan, Kultur Jaringan, Aneka Model "Organ Tubuh Manusia", Bola plasma, dan Bola Bernaulli.

Selain itu tersedia pula fasilitas pendukung berupa outlet Makanan, Minuman, Pasar Wisata, Pasar Buah, Pasar Sayur dan Galeri Bunga. Serta fasilitas umum yang tak kalah pentingnya yaitu Mushola, Klinik, Wartel, Nursery Room, Toilet dan Tempat Parkir yang representatif. Jawa Timur Park juga dilengkapi dengan Klub Bunga Butik Resort & Pondok Penginapan Jatim Park yang akan membuat acara wisata anda terasa nyaman, tenang, menyenangkan dan tidak terburu-buru karena lokasinya yang relatif dekat dengan Jawa Timur Park. Berangkat dari kota Malang dengan transportasi umum yaitu angkot menuju ke kota Batu yang berada di utara Malang. Perjalanan ditempuh selama setengah jam. Saat tiba di depan gerbang masuk Jawa Timur Park terlihat lingkungan obyek wisata ini cukup terawat dan bersih sehingga menjadi salah satu wisata andalan kota Malang

Pengunjung bisa membeli tiket di loket yang sudah disediakan dan setiap orang mendapat fasilitas bermain dalam setiap wahana maksimal dua kali permainan, jika ingin lebih maka pengunjung harus membayar lagi untuk setiap atraksi permainan atau bisa juga membeli tiket terusan yang harganya 2 kali lipat tiket normal tapi bisa menikmati seluruh atraksi yang tersedia. Harga tiket lebih mahal untuk hari Sabtu dan Minggu daripada hari-hari biasa. Memasuki area Jatim Park, para pengunjung yang membawa tas ransel dicek keamanan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.
Memasuki area pertama Jatim Park, pengunjung disuguhi berbagai macam wahana pendidikan diantaranya ilmu pengetahuan Biologi seperti diorama makhluk hidup dan jenis-jenis tanaman; Fisika seperti alat-alat peraga Hukum Newton, Gaya Magnet, Sistem tata surya; Kimia seperti model atom, pembuktian asam basa. Kemudian wahana budaya Indonesia seperti patung berpakaian adat daerah beserta rumah adat. Selanjutnya di halaman terbuka terdapat beberapa miniatur candi dan keajaiban dunia. Di ujung jalan terdapat wahana yang cukup menarik yaitu wahana rumah hantu. Cukup menyenangkan untuk pengunjung yang membawa anak kecil sebagai wisata pendidikan.

Area selanjutnya adalah wahana permainan seperti spin coaster, jet coaster, dan dropzone. Rasa tegang dan semangat campur aduk menjadi satu. Antrean wahana ini biasanya cukup panjang sehingga pengunjung harus bersabar untuk menaikinya. Bagi wisatawan yang memiliki penyakit jantung disarankan tidak menaiki wahana ini supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kemudian wahana lain yang tidak kalah menarik adalah rumah pipa, rumah misteri, aneka reptil, aneka burung, dan aquarium. Di wahana ini anda bisa menyaksikan atraksi ular memangsa ayam, atau ikan piranha mencabik-cabik katak. Ada juga kolam renang yang cukup luas mirip seperti waterboom, dengan papan luncur dan air mancur dipinggirnya banyak berderet tenda-tenda untuk beristirahat.

Untuk menikmati wisata kuliner pengunjung bisa menuju area foodcourt yang terletak di dekat kolam renang. Tarif makanan yang disediakan juga cukup terjangkau bagi pengunjung. Kekurangan kuliner di tempat ini adalah menu makanan hampir sama antara counter satu dengan yang lain. Menjelang pintu keluar ada sebuah ruang pertunjukan terbuka yang didesain mirip amphitheatre dengan latar belakang gunung meletus. Ditempat ini biasanya ada pertunjukan live show band-band anak muda lokal. Ketika sudah melewati pintu keluar, disinilah tempat pasar buah, bunga, sayur dan hewan disediakan. Anda bisa membeli aneka buah dan sayur khas Batu seperti apel, jeruk, brokoli, asparagus atau stroberi. Ada juga aneka bunga warna-warni yang memikat sementara di pasar hewan banyak dijual kelinci, hamster dan kura-kura kecil.

1 komentar:

Erryn Paramytha mengatakan...

angkot dr malang ke jatim park 2 angkot apa ya?

Posting Komentar