Minggu, 28 Maret 2010

Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata adalah sebuah hotel bintang empat di pusat kota Batu yang menawarkan konsep ’one stop tourism destination’. Meskipun hanya sebuah hotel tapi tempat ini sekaligus memberikan jasa wisata agro kepada para tamunya. Dan untuk layanan wisatanya sendiri terbuka untuk umum, tidak hanya tamu hotelnya saja. Konsep wisata yang ditawarkan adalah perkebunan apel, jeruk, bunga, dan stroberi, yang dilengkapi dengan kebun binatang mini, kolam renang dan fasilitas olahraga lain seperti jogging track, lapangan tenis, dll. Konsep wisata agro untuk keluarga ini, memungkinkan para pengunjung untuk menjadi petani buah amatir, dalam artian pengunjung dapat memetik sendiri dan merasakan hasil panen buah seperti layaknya seorang petani sebenarnya. Namun, pengunjung hanya diperbolehkan memetik buah yang sudah matang dalam kuantitas terbatas.
Kusuma Agrowisata ini terletak di pusat kota Batu, tepatnya di jalan Abdul Ghani Atas yang merupakan lembah dari Gunung Panderman. Kota Batu di Jawa Timur ini merupakan daerah dataran tinggi yang dekat dengan pegunungan, sehingga berhawa sejuk sekali. Berada di ketinggian 680-1.200 meter dpl, dengan suhu udara 15-19 derajat Celsius. Dari Surabaya ke arah selatan, dari Malang ke arah Barat. Dulunya sih ini masih bagian dari kota Malang, tapi sekarang jadi kota sendiri.

Kusuma Agrowisata berdiri diarea seluas 17 hektar. Hotelnya ada yang berupa kamar-kamar, ada juga yang berupa cottage yang tersebar seperti sebuah perkampungan. Disediakan mobil hotel untuk mengellingi area yang cukup luas ini. Kamar-kamar hotelnya berada dibangunan utama yang sekaligus merupakan lobi hotel, disini pula terdapat fasilitas hotel seperti meeting room dan fitness center. Fasilitas lain seperti retoran, swimming pool, playground, lapangan tenis terletak terpisah dari bangunan utama. Perkebunan apel, bunga, jeruk dan stroberi berada di area paling bawah sebelah utara agak jauh dari bangunan utama. Karena berdiri di sebuah lembah, maka kontur tanahnya naik turun tapi kebanyakan menurun dan agak landai.

Hotel ini menyediakan 152 kamar yang terdiri atas 103 kamar standar dan 49 kamar lux. Untuk menginap semalam di Kusuma Agrowisata Hotel ini, setidaknya (room rate 2008) kita harus mengeluarkan dana 450-600 ribu untuk kamar standar (weekdays), yang cottage mulai 800 ribu hingga 2,5 juta semalam (weekdays). Kalau weekend/holiday, untuk beberapa tipe kamar plus 200-300ribu, dan cottage paling mahal jadi 3,5juta. Tapi ada tambahan fasilitas makan malam plus wisata agronya.

Untuk pengunjung yang bukan tamu hotel juga bisa menikmati keindahan dan keasyikan memetik jeruk, stroberi dan buah apel dengan membayar Rp. 15000/orang. Buah-buah tersebut dipetik hanya untuk dimakan di area perkebunan, tidak boleh untuk di bawah pulang. Jika ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh bisa membeli sendiri di toko-toko yang banyak berjualan di sekitar area. Tidak saja buah segar yang di jual tapi juga produk olahannya seperti aneka jus, kripik, jenang atau dodol. Namun harganya sedikit lebih mahal dari pasar tradisional. Pengunjung yang hanya ingin melihat-lihat saja keindahan area Kusuno Agrowisata bisa datang tanpa dipungut biaya masuk alias gratis, tapi harus bayar retribusi parkir kendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar