Minggu, 28 Maret 2010

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang terletak di Kecamatan Bantur 65 km sebelah selatan kota Malang. Pantai Balekambang ini cukup indah dan menawan. Hal ini didukung pula dengan fasilitas yang memadai, tempat parkir yang luas, camping ground, kios cinderamata, rumah makan, toilet umum, kantor informasi, bungalow sedeharna, kolam renang dan bumi perkemahan pramuka, mushola dan pendopo. Pantai landai ini dipenuhi dengan karang laut, yang membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 meter ke arah laut, sewaktu air laut surut, maka akan tampak di atas air dan disela-selanya berbagai jenis ikan-ikan hias kecil yang beraneka ragam. Selain itu, di lepas pantai nampak tiga buah pulau berjajar ke arah barat, Pulau Ismoyo, pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas Pulau Ismoyo berdiri megah sebuah Pura,yang bernama Pura Luhur Amertha Jati. Untuk mencapai Pura ini, Anda dapat melalui sebuah jembatan setapak dengan lebar 1,5 meter. Pantai ini dapat dicapai melalui Kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Bantur, dilanjutkan ke Desa Srigonco ataupun melalui Kecamatan Kepanjen, Kecamatan Pagak belok ke kiri ke arah Kecamatan Bantur dengan menggunakan kendaraan, baik mobil ataupun motor.
Pantai ini merupakan deretan pantai selatan yang ombaknya terkenal besar dan ganas, sehingga pengunjung dilarang untuk mandi di pantai tapi ternyata larangan ini tak menyurutkan keinginan pengunjung untuk tetap mandi, terbukti banyak sekali pengunjung yang menyambut datangnya ombak besar dengan menceburkan diri ke laut. Untuk itu pihak pengelola akhirnya menyediakan sebuah tim SAR untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tim SAR tersebut terus berperahu mengelilingi pantai. Di pantai Balaikambang anda juga tidak akan menemukan perahu nelayan yang berlabuh tapi sesekali anda akan melihat mereka melintas dari kejauhan.

Di pantai ini anda juga akan menemukan muara sungai yang airnya berwarana hijau kecoklatan karena dipinggir sungai ditumbuhi banyak lumut hijau. Sepanjang sisi sungai bagian utara adalah hutan bakau yang cukup lebat. Semakin anda menyusuri sungai ke dalam suasana semakin sepi dan magis. Biasanya sungai ini banyak dimanfaatkan pengunjung untuk membersihkan badan setelah berenang di air laut. Pantai balekambang juga merupakan pantai yang rindang karena di pinggir pantai banyak ditumbuhi pohon-pohon yang besar. Pantai ini jauh dari pemukiman penduduk, sebelum anda memasuki wilayah pantai anda akan melewati lebih dulu kawasan hutan jati yang cukup luas. Hutan ini menutupi pantai dari luar, tapi beberapa ratus meter dari pantai walaupun pantai masih belum kelihatan anda akan mendengar deburan suara ombak yang bergemuruh. Sungguh sebuah sensasi suara yang luar biasa.

Di sekitar areal pantai terdapat bungalow sederhana yang dapat anda sewa, apabila anda memutuskan untuk bermalam, atau mendirikan tenda di areal camping ground yang juga tersedia. Anda dapat bersantap di warung-warung makan yang banyak terdapat di dalam areal pantai. Anda juga dapat berjalan kaki untuk mengelilingi pantai ini. Di pantai ini Anda dapat melakukan beragam aktivitas, mulai dari menikmati indahnya sunset yang terkadang tampak di sela-sela ketiga pulau kecil di pantai ini, berjalan menuju ke Pura yang terdapat di atas Pulau Ismoyo atau sekedar bermain air. Anda dapat membeli souvenir di kios-kios cinderamata yang terdapat di dalam areal pantai Balekambang. Pastikan untuk mengecek performa mesin kendaraan Anda supaya aman dan nyaman di perjalanan.

1 komentar:

Wisata Dieng mengatakan...

wahh udah lama nggak ke pantai yang satu ini, kangen hohoho

Paket Wisata Dieng

Posting Komentar