Kamis, 22 April 2010

Bakpao TeLo

Sajian Unik Aneka Makanan Berbahan Baku Ubi Jalar Khas Malang
Bakpao dan aneka olahan makanan dari ‘telo’ atau ubi jalar konon merupakan kreasi dari salah seorang dosen Universitas Brawijaya Malang. Kemudian mendirikan sebuah warung makan tak jauh dari pintu gerbang memasuki kabupaten Malang tepatnya beberapa meter sebelum fly over Lawang, warung ini menyajikan menu-menu yang kebanyakan terbuat dari ubi jalar. Ada bakpao telo sebagai menu andalan, mie telo, kripik telo, bakpia telo, brownies telo, burger telo, pizza, ice cream telo dan bahkan ada juga jus telo. Rasanya tidak kalah enak dengan yang terbuat dari tepung terigu bahkan yang ini lebih sehat karena bahan bakunya banyak mengandung protein dan aktioksidan. Anda akan menemukan sensasi rasa yang berbeda ketika mencoba ice cream telo ungu, rasanya benar-benar lembut dan unik. Ubi jalar yang dipakai kebanyakan adalah ubi jalar ungu dan kuning.
Warung Bakpao TeLo sendiri areanya cukup luas, didesain terbuka langsung berhadapan dengan semilir angin pegunungan bagian timur kota Lawang. Disini juga dijual aneka tanaman dan bunga hidup dengan harga yang cukup bersaing, artinya tidak murah juga tidak terlalu mahal. Warung ini terletak diruas jalan sebelah kiri keluar kabupaten Malang, jika akan masuk ke kabupaten Malang anda bisa masuk melalui putaran yang tersedia persis di depan warung. Selain masakan dengan bahan baku telo, warung bakpao TeLo juga menjual menu lain yang terbuat dari apel, nangka, dan olahan bahan vegetarian lainnya.

Sekarang bakpao telo banyak tersedia hampir di semua tempat wisata kabupaten Malang. Tapi kalau pingin yang fresh from the oven lebih baik anda datang langsung ke pusatnya di kota Lawang ini. Camilan ini sepertinya sudah menjadi salah satu ikon wisata kuliner kabupaten Malang. Tak jauh dari Warung Bakpao TeLo, tepatnya di kota Singosari juga terdapat Bakpao Waluh. Nah yang ini berbeda dengan bakpao telo, karena bahan bakunya terbuat dari waluh atau labu kuning. Tapi variasi menunya hampir sama, ada bakpao, bakpia, kripik, brownies, roti kukus, dan mie waluh.

Warung Bakpao TeLo secara profesional dikelola oleh Sentra Pengembangan Agribisnis Terpadu (SPAT) wilayah Purwodadi kabupaten Pasuruan. Merupakan pusat pemaduan potensi, aksi dan gerakan pemberdayaan masyarakat untuk berperan serta aktif dalam pembangunan masyarakat pertanian Indonesia. Sentra ini didirikan pada tahun 1984, yang dilatarbelakangi oleh keinginan untuk berperan serta membangun pertanian di Indonesia. Dengan konsep pertanian terpadu, keanekaragaman potensi sumber daya hayati pertanian Indonesia dapat dioptimalkan pengembangannya sebagai suatu keterkaitan dari hulu sampai hilir. Karena warung ini sebenarnya termasuk dalam wilayah kabupaten Pasuruan walaupun lebih dekat ke kabupaten Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar