Malang Raya

Malang Raya atau orang biasa menyebutnya Malang terdiri atas Kabupaten yang memiliki dua Kotamadya, yaitu kota Malang yang juga disebut sebagai kota Bunga atau makobu dan kota Batu yang ciri khasnya adalah buah Apel. Ada tiga pemerintahan yang terpisah di wilayah Malang Raya yaitu Kabupaten Malang, Kotamadya Malang dan Kotamadya Batu. Sebagian besar wilayahnya merupakan pegunungan yang berhawa sejuk, Malang dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Jawa Timur. Sejarah mengatakan bahwa ketika kerajaan Singhasari dibawah kepemimpinan Akuwu Tunggul Ametung yang beristrikan Ken Dedes, kerajaan itu dibawah kekuasaan Kerajaan Kediri dan berpindah tangan kepada Ken Arok yang mengangkat dirinya sebagai raja yang bergelar Prabu Kertarajasa Jayawardhana atau Dhandang Gendhis (1185 - 1222).

Malang memiliki panorama yang begitu indah dengan dikelilingi pegunungan, yaitu Gunung Arjuno (3.339 m) dan Gunung Kawi (2.651 m), Gunung Bromo (2.392 m) dan Gunung Semeru (3.676 m). Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Malang Raya adalah daerah yang berkembang dan mempunyai beragam potensi yaitu Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia dan Ekonomi. Bidang-bidang usaha yang ada mampu memberikan pemasukan daerah dan peningkatan sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan daerah Malang dan sekitarnya.

Kondisi Malang Raya ini sangat memungkinkan untuk perkembangan usaha-usaha yang manghasilkan, karena potensi yang mendukung. Seperti Wisata, Pendidikan, Hotel dan lain-lain, saling berkitan erat antar satu dengan yang lainnya. Untuk pariwisata, ketiga pemerintahan di Malang Raya tersebut memiliki daerah unggulan wisata yang berbeda-beda. Kota Malang dengan city tour sebagai kota pendidikan dan sejarah, ada banyak kampus ternama di kota ini, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang (dulu IKIP Malang), STAIN Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, dan masih banyak lagi. Kota Malang juga terkenal akan kulinernya seperti Bakso Malang, Cwi Mie Malang, kripik tempe dan krupuk buah. Kota Malang meskipun kecil fasilitasnya juga tidak kalah dengan kota-kota besar di Indonesia. Anda bisa menemukan banyak mal bertebaran, hotel-hotel berbintang dan restoran-restoran ternama di kota ini. Sementara kota Batu menawarkan wisata daerah pegunungan yang berhawa sejuk. Kota ini sudah memposisikan dirinya sebagai kota tujuan wisata utama di propinsi Jawa Timur. Alamnya yang indah dan alami, dukungan fasilitas yang sangat memadai dan banyaknya atraksi wisata alam dan buatan di kota Batu menjadikan kota ini unggul dalam hal kunjungan wisatawannya dari ketiga dearah di wilayah Malang Raya. Untuk Kabupaten Malang, karena mempunyai lokasi yang sangat luas jenis wisatanya juga sangat beragam. Di daerah utara, barat dan timur merupakan wisata alam pegunungan sementara di daerah selatan adalah wisata pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Wilayah timur kabupaten Malang, empat kecamatannya merupakan daerah penyangga untuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di wilayah ini ada desa Wisata Poncokusumo yang juga merupakan penghasil buah apel terbesar di Indonesia. Wilayah barat yang juga menyeberangi kota Batu merupakan lembah-lembah sekitar Gunung Arjuno dan Welirang. Di daerah ini ada kecamatan Ngantang dengan Bendungan Selorejo dan Kecamatan Kasembon dengan wisata arung jeram di sungai Sumberdandang. Daerah selatan kaya akan pantai yang indah, sepanjang pesisirnya ada puluhan pantai yang berpotensi menjadi daerah tujuan wisata unggulan. Wilayah utara merupakan pintu gerbang memasuki Malang Raya, disini ada kecamatan Lawang dan kecamatan Singosari yang penuh dengan sejarah masa lampau. Di kecamatan Singosari berdiri bandar udara Abdurahman Saleh sebagai pintu gerbang Malang Raya melalui jalur udara. (Photo by Puji Rahayu)